10 Things About Rum

Rum merupakan salah satu kategori spirits yang paling bervariasi dan menakjubkan. Baik itu dimasukkan dalam oak barrels untuk proses pengawetan, campuran atau langsung dikemas dalam botol dari hasil penyulingan, rum menawarkan banyak profil citarasa yang akan cocok bagi iklim tropis. Berikut adalah 10 hal yang perlu Anda ketahui soal rum.

#1

Rum terbuat dari jus tebu yang telah melewati proses fermentasi, sirup tebu, atau tetesan tebu biasa disebut molasses yang disuling untuk menjadi alcohol.

#2

Asal muasal rum berasal dari kepulauan Karibia, dimana produksi rum modern berawal dan negara kepulauan tersebut terus memproduksi sebagian besar dari spirits yang terbuat dari tebu. Kategori minuman ini meraih pupularitas di Amerika Serikat.

#3

Sebagian besar rum dibuat dari molasses atau tetesan tebu. Ragi dan air ditambahkan pada bahan dasar untuk memulai proses fermentasi. Beberapa produsen menggunakan ragi liar untuk membantu fermentasi, sementara sebagian lainnya menggunakan bibit spesifik dari ragi untuk membantu memberikan citarasa yang konsisten dan waktu fermentasi yang dapat diperkirakan.

#4

Proses pengawetan akan menentukan warna dari rum. Ketika diawetkan dalam tong kayu, warnanya akan menjadi gelap, sementara jika rum dimasukkan dalam tank besi warnanya akan terlihat bening. Rum yang ringan biasanya memang belum diawetkan, namun ada juga dark rum, aged rum, over-proof rum (kadar alcohol tinggi) dan pot still rum.

#5

Tipe kayu yang digunakan, waktu pengawetan, penggunaan barel baru atau yang telah digunakan akan menghasilkan jenis minuman keras yang berbeda. Jadi tiap jenis rum memiliki keunikan tersendiri.

#6

Banyak ekspresi dari rum. Termasuk French style yang terbuat dari tebu segar di Martinque namun diawetkan dan dicampur di Bordeaux, prancis. Jamaican rum biasanya mengalami dua kali proses penyulingan dan terbuat dari tetesan tebu, difermentasi selama tiga minggu. Lalu Cachaca atau Brazilian Rum terbuat dari jus tebu dan juga difermentasi tiga minggu, ketika dikirim ke Amerika biasanya harus memiliki kadar alcohol tinggi. Beberapa jenis lain seperti Spanish/Puerto Rican serta English rum. Masing-masing memiliki resep tertentu dan nuansa yang membuatnya berbeda satu sama lain.

#7

Setelah diawetkan, rum biasanya dicampur untuk memberikan citarasa yang konsisten. Pencampuran adalah tahapan terakhir dari proses pembuatan rum. Rum yang ringan akan difilter untuk mengangkat warna apapun yang dihasilkan selama proses penyulingan. Untuk rum yang lebih gelap, caramel biasanya ditambahkan untuk menyesuaikan warna dari produk akhir.

#8

Sementara rum memiliki reputasi sebagai favorit di iklim tropis. Dengan citarasa yang dapat berubah-ubah dari rasa buah-buahan hingga caramel dan cinnamon. Rum dapat menyegarkan sekaligus menghangatkan, baik itu diminum langsung atau dimasukkan dalam cocktails.

#9

Rum dapat dipergunakan dalam minuman cocktails. Apakah kesamaan daiquiri, mai tai, pina colada, zombie, mojito, hurricane, dark and stormy, dan rum punch? Semuanya memiliki kandungan rum. Saran terbaik adalah pada jenis cocktail yang paling simpel.

#10

Dimanapun asal pembuatan rum dibuat, terdapat kamus universal yang Anda temukan pada botol rum.

Light, Clear, White, atau Silver Rum: Diawetkan selama setahun atau kurang dalam wadah terbuat dari besi atau barel kayu.

Amber atau Gold Rum: Diawetkan setidaknya tiga tahun atau lebih, rum ini biasanya manis dengan sedikit rasa yang menonjol.

Dark Rum: Diawetkan selama lima tahun atau lebih, jenis ini bisa disebut brown, black atau red rum. Hal ini membutuhkan karakter yang lebih woody dan didominasi caramel.

Blackstrap Rum: Berat, sangat manis dan terbuat dari sisa tetesan tebu setelah proses ekstraksi gula dari tebu.

Spiced Rum: Dimasukkan berbagai jenis rempah seperti pala, kayu manis dan biji merica. Biasanya ditambahkan gula setelah penyulingan.

Añejo: Rum berumur lebih tua dengan pernyataan usia, dicampur dari sumber lain yang lebih vintage.

151-Proof Rum: Dikenal dengan rum berkadar alcohol tinggi, biasanya mengambang pada bagian atas cocktails.

Flavored Rum: Rum ringan yang biasanya diberikan citarasa buatan dengan buah-buahan dan ditambahkan gula.

Rhum Agricole: Rum yang dibuat di bagian barat Prancis terbuat dari jus tebu dengan lighter-bodied dan rasa yang lebih clean.

Rhum Industriel, or Industrial Rum: Rum yang terbuat dari tetesan tebu.

American or Colonial Rum: menjelaskan rum yang disuling langsung dari pot dan diawetkan dengan waktu minimal.

ACR: kependekan dari “Authentic Caribbean Rum”, penanda ini pada botol menjelaskan bahawa rum disuling di salah satu dari 30 distilleries di Karibia yang telag menjamin keaslian dan citarasa dari rum mereka. Tidak ada bahan tambahan yang diperbolehkan dalam jenis ini serta usia yang tertera pada botol haruslah usia dari kandungan termuda dalam botol.

 

 

 

 


You May Like This

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

two × 4 =