Andrye Setiawan – Man of Vision

Sedang disibukkan dengan project rebranding dari gerai Exquise Patisserie miliknya, Andrye Setiawan mengawali kariernya di bidang perhotelan dan kemudian terjun sebagai management trainee di sebuah bank asing asal Amerika. Mengukir kesuksesan selama total 13 tahun terakhir di tiga bank besar di Indonesia dan terakhir menduduki posisi  Vice President – Head Investment Specialist di sebuah bank ternama, pria berusia 38 tahun ini selalu mengandalkan visi dalam hidupnya untuk terus berkarya dan meraih keberhasilan.

 

Teks: Femi Veronika Foto: Dok. Pribadi

 

Sebagai Founder of Exquise Patisserie, bagaimana Anda mengatur skejul dan kegiatan Anda?

Saya banyak menghabiskan meeting dengan tim di kantor Exquise Patisserie, yang kebetulan mendapatkan kepercayaan dari beberapa bank BUMN maupun Bank Swasta Nasional sebagai kue ulang tahun pilihan bagi nasabah prioritas bank-bank tersebut. Di kantor Exquise biasanya kami akan berdiskusi mengenai revenue, proses dan product development ke depannya.

 

Apa hal yang dapat menginspirasi Anda saat beraktivitas?

Yang selalu mengispirasi saya adalah visi saya sendiri dalam hidup ini. Saya selalu memberikan tantangan pada diri saya sendiri, memikirkan apa yang dapat saya tingkatkan dalam karier, bisnis maupun kehidupan pribadi.

 

Siapa sosok yang dijadikan panutan dalam hidup & karier Anda?

Yang pasti kedua orang tua saya. Saya memiliki Ayah yang sangat sabar menghadapi anak-anaknya dan Ibu yang passionate dalam berbisnis. Satu lagi, Senior Pastor saya yaitu Jeffrey Rachmat; banyak sekali sosok yang mengubahkan paradigma saya menjadi lebih baik dalam menghadapi orang dan tantangan dalam karier dan bisnis.

 

Bagaimana pertama kali Anda membangun Exquise Patisserie?

Berawal dari kelas yang saya lakukan di kelas Community of Leadership di gereja saya, saya merasa digali kembali, mengenai passion yang ada dalam diri saya dan melihat opportunity dan relasi yang saya miliki saat itu. Maka awalnya saya memutuskan untuk membuka toko kue berbasis online. Setelah 1 tahun berjalan, akhirnya saya berhasil membuka toko offline Exquise Patisserie di kawasan Menteng.

 

Proyek apa saja yang sedang dijalani saat ini?

Saat ini saya sedang mengerjakan rebranding Exquise Patisserie, di mulai dari mengganti logo sampai mengganti beberapa produknya. Rebranding proyek ini ditujukan untuk mengangkat image dari Exquise Patisserie agar berkesan lebih modern dengan sentuhan ala Perancis. Selain itu kami juga membuat new product development, salah satunya kue yang tidak ditambahkan gula dalam resepnya maupun kue gluten-free.

 

Apa saja kualitas yang ditawarkan Exquise Patisserie untuk para customer?

Premium ingredients akan menghasilkan premium products, serta development yang tidak pernah berhenti selalu kami lakukan agar para customer selalu mendapatkan kesenangan ketika mencicipi kue buatan kami. Seperti yang terdapat di tagline kami, “Life is full of little pleasures”. Namun kualitas produk saja tidak cukup, kami juga memberikan service yang sangat ‘niche’ yang kemungkinan tidak didapatkan di tempat lain.

 

Strategi bisnis seperti apa yang digunakan Exquise Patisserie untuk mengikuti trend dan demand saat ini?

Untuk retail sales kami terus mengembangkan dan memperbaiki online sales kami. Kami percaya saat ini sudah sangat banyak perubahan pola belanja dari retail offline ke retail online, di luar itu kami juga memiliki tim korporat yang membantu meningkatkan penjualan offline kami.

 

Seperti apa suka dan duka yang dihadapi selama menggeluti karier Anda?

Di sini saya belajar untuk menjadi real entrepreneur, bukan menjadi self-employed ketika bekerja di bank. Pelajaran ini akan sangat berharga pada saat sekarang ini saya telah  menjadi  full time entrepreneur.

 

Memiliki segudang kesibukan, apa Anda menyisihkan waktu untuk aktif dalam kegiatan sosial?

Beberapa waktu yang lalu saya sempat berpartisipasi dalam mengajar anak-anak dibawah umur 12 tahun yang bertempat tinggal di bawah jembatan di daerah jembatan tiga. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari Minggu pagi, dimulai dari jam 9 sampai jam 12 siang. Namun saat ini ada beberapa project yang sedang saya kerjakan, sehingga saya belum melanjutkan kembali kegiatan tersebut.

 

Apa kegiatan Anda sebelum menadalami dunia perbankan dan bisnis?

Sebelumnya saya pernah bekerja di sebuah hotel bintang lima di Jakarta dan saya belajar banyak mengenai customer service dan sense of “perfectionist” ketika bekerja di hotel.

 

 What’s your next plan?

Membuka gerai baru Exquise Patisserie sekaligus restoran di kawasan Jakarta Selatan. Mudah-mudahan rencana tersebut bisa terlaksana secepatnya.

 


You May Like This

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

4 × 5 =