Datsun GO live with Kei Kyu

Datsun memperkenalkan Datsun GO live, mobil konsep baru yang didesain khusus untuk penggemar otomotif Indonesia yang berjiwa muda, untuk pertama kalinya di dunia pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2017.

 

Kei Kyu selaku Executive Design Director Datsun merupakan sosok di balik desain yang ditawarkan oleh Datsun termasuk mobil konsep Datsun GO live yang dihadirkan di perhelatan GIIAS 2017 dan juga mobil konsep Datsun Go Cross. Kyu bergabung dengan Nissan Motor Co., Ltd. pada tahun 1991 di mana ia bertanggung jawab untuk desain eksterior hatch back 5-pintu, P12 Primera, serta mobil konsep seperti Nissan Zaroot dan Ellure, juga desain untuk Infiniti Essence. Pada tahun 2012, Kyu menjabat sebagai Product Chief Designer dan memimpin proyek desain model brand Infiniti termasuk Q30. Sedangkan pada tahun 2013, Kyu mendapat mandat sebagai Program Design Director untuk Infiniti dan memimpin proyek desain dari mobil konsep Infiniti Q80 Inspiration. Di tahun 2015, Kyu ditunjuk menjadi Design Director untuk merek Nissan, Nissan Design Eropa, dan memimpin desain konsep mobil Nissan Gripz dan Nissan Qashqai yang berkonsep premium. Sekembalinya ke Jepang pada tahun 2016, Kyu memegang peran yang sedang dijalankan saat ini dan memimpin desain dari produk brand Datsun.

 

Tanya Jawab Saat Peluncuran Mobil Konsep Datsun GO live di GIIAS 2017

 

Rancangan VS Kisaran Harga

 

T: Saat Anda sedang merancang mobil, apakah Anda mengetahui kisaran biaya pada rancangan tersebut?

 

J: Ketika sedang merancang mobil, kami lebih memikirkan pelanggan yang menjadi khalayak sasaran desain kami. Bagaimanapun, kami harus lebih fleksibel saat merancang, karena material pada mobil sendiri seperti bahan baja dan rangka memerlukan biaya yang cukup mahal dan kami harus menyesuaikan dengan target pelanggan kami. Tetapi untuk desainnya sendiri merupakan hadiah dari kami bagi para pelanggan. Kami mengekspresikannya melalui desain dengan bentuk yang indah.

Warna

 

T: Mengapa Anda memilih abu-abu dan kuning terang pada Datsun GO live? Biasanya warna merah lebih sering diaplikasikan pada mobil konsep, mengapa Anda memilih 2 warna tersebut?

 

J: Ketika saya sedang merancang desain dari mobil ini, yang terpikirkan adalah “kebebasan” atau berjiwa muda, bentuk skateboard dan BMX, sesuatu yang tidak terlihat pada kesukaan orang-orang yang lebih “tua”. Hal inilah yang saya sampaikan kepada tim. Kami mengacu pada majalah fashion atau budaya. Lalu tim saya mengajukan beberapa pilihan warna, namun saya melihat bahwa abu-abu dan kuning merupakan warna tren saat kini, terutama untuk warna neon. Warna yang tajam dan mudah diingat. Warna abu-abu dan kuning merupakan kombinasi yang sangat mengagumkan jika digabungkan.

 

Mobil Konsep untuk Produksi Massal

 

T: Berapa persen perubahan yang mungkin terjadi ketika merealisasikan sebuah mobil konsep menjadi produk massal?

 

J: Pertama-tama, kami harus mempertimbangkan tinjauan dari sisi teknis mengenai keamanan yang harus mengikuti standar regulasi keamanan seperti ukuran ban, suspensi dan sasis. Karena hal tersebut yang menjadi pertimbangan tim ketika ingin merealisasikan sebuah mobil konsep menjadi produk massal. Yang kedua, kami harus memperhitungkan kisaran harga dari mobil tersebut bagi para pelanggan dan juga terkait dengan proses pembangunan mobil itu sendiri. Dan yang terakhir adalah kami juga harus mempertimbangkan masukan dari para pelanggan kami.

Desain

 

T: Apa tantangan terbesar Anda saat merancang Datsun GO live?

 

J: Tantangannya adalah tetap menggunakan desain orisinil mobil tersebut. Untuk mengespresikan arahan baru dan bentuk baru dari mobil konsep tanpa menghilangkan gaya yang “khas”, mungkin dari desain pintu mobil, jendela, atau bagian atas mobil. Dan karena kami telah memiliki arahan desain yang baru untuk desain Datsun di masa depan, kami mencoba untuk mewujudkan hal tersebut.

 

T: Bagaimana dengan bentuk segi enam bernuansa kuning pada grill depan? Apakah memiliki arti tersendiri?

 

J: Seperti yang sudah saya jelaskan, pemikiran dasar untuk rancangan ini adalah “kebebasan”, kami pun mempertimbangkan unsur yang spesial dan menyenangkan. Jadi saya ingin memperlihatkan sesuatu yang berbeda, sebuah tanda atau petunjuk yang memperlihatkan bahwa mobil ini merupakan versi terbatas, yang biasanya disampaikan dengan warna khusus dan jumlah terbatas. Jelas terlihat bahwa warna khusus ini menunjukan bahwa mobil ini merupakan rancangan khusus di mana GO live memiliki skema warna yang unik, terlihat juga pada segi enam di bagian grill depan. Untuk warna pada grill-nya dapat berbeda-beda bisa hijau ataupun biru. Dan mengapa bentuknya tidak simetris? Karena bentuknya keren dan beda! Kemudian, Visual Identity kami memiliki bentuk yang lebih terlihat seperti segi enam. Sebuah bentuk seperti sarang madu dan lebih kaku. Memang banyak bentuk lainnya seperti segitiga, kotak, segi delapan. Tapi menurut kami, bentuk segi enam terlihat lebih berani.

 

T: Di Nissan Motor Co. sendiri ada 3 brand utama yaitu Nissan, Datsun, dan Infiniti. Perbedaan utama apa saja untuk ketiga brand ini dari sisi konsep desain?

 

J: Ketiga brand tersebut tentunya berbeda, baik dari sisi brand value dan juga yang menjadi khalayak dari masing-masing brand itu. Infiniti lebih kepada brand yang premium, di mana yang diangkat adalah desain yang modern dan berbeda. Nissan saat ini fokus kepada Nissan Intelligent Mobility yang membuka arahan Nissan untuk masa depan, dalam hal ini Electric Vehicle (EV), sehingga memiliki pengaruh kepada arahan desain dari Nissan yang super modern, mulus, dan berkesinambungan. Para pelanggan Datsun adalah mereka yang ingin memiliki mobil pertama kali, karakter yang agak berbeda, di mana para pelanggan ingin sekali mengekspresikan diri mereka dengan penuh aspirasi dan semangat.

 

T: Apa yang Anda lihat dari desain Datsun di masa yang akan datang?

 

J: Visi dari desain Datsun fokus kepada menggambarkan rasa percaya diri, kuat, lincah, kesegaran, penuh semangat, dan juga dinamis.

 

T: Apakah Anda akan menghidupkan kembali desain-desain Datsun sebelumnya?

 

J: Desain Datsun sebelumnya seperti burung bluebird yang lebih rumit dan terlalu bundar, karena disesuaikan dengan gaya desain tim Eropa. Kini kami lebih menekankan kepada desain dan semangat dari sudut pandang desain Jepang.

 


You May Like This

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

fifteen + 7 =