HARTANTO ALIM – TAKING THE TIME

Sebagai pemain baru dalam industri jam tangan, Ia memiliki a lot on his plate. Juggling beberapa jabatan yang dimilikinya terlihat mudah bagi pria berumur 29 tahun ini.

Boleh ceritakan sedikit tentang diri Anda dan perusahaan apa saja yang Anda pegang?

Kini saya memegang beberapa jabatan, GM untuk Maspion Electronics, Co-Founder dari StickEarn, sebuah perusahaan Digital Car Advertising dan Co-Founder dari Interval, Multi-brand watch store & distribution. Keseharian saya adalah, saya bangun sekitar jam 7.30 pagi, beli kopi sambil menuju ke kantor lalu bekerja hingga jam 6 sore.

Apa yang membuat Anda tertarik dengan dunia jam?

Dimulai ketika ayah saya memberikan sebuah jam Audemars Piguet Royal Oak Offshore Panda sebagai hadiah kelulusan. Saya terpukau oleh jam itu dan membuat saya bergabung dengan online watch community. Dari situ saya mulai kenal dengan orang-orang dan mulai berjualan luxury watches.

Bagaimana respon market Indonesia terhadap Bomberg dan Pop Pilot hingga kini?

Bomberg dan Pop-Pilot yang beberapa bulan lalu baru saja saya luncurkan dan ternyata pasar meresponnya dengan baik sekali. Surprisingly bahwa Bomberg Samurai models menjadi best seller kami dan untuk Pop-Pilot, koleksi JFK menjadi best sellernya.

Bagaimana proses pemilihan brand yang dibawa dan apa saja yang menjadi penilaian dalam memilih sebuah brand?

Setelah saya pelajari, orang Indonesia lebih memilih sporty watches diban- dingkan classic watches, jadi ini salah satu hal pertama yang saya perhatikan. Brand-brand yang memiliki cerita, konsep, visi dan misi yang kuat juga menjadi pilihan utama saya. Brand yang memiliki marketing strategy dan plan yang jelas juga sangat penting karena crucial bagi saya, they are there for the long term karena membangun sebuah brand tidaklah singkat waktunya.Selain itu channel of distribution juga menjadi hal yang penting bagi saya. Contohnya, negara-negara ASEAN memiliki selera yang hampir sama untuk watches, jadi jika it works in other neighboring countries, ada kemungkinan besar akan berhasil juga di Indonesia.

Bagi Anda, apa kelebihan Bomberg dan kelebihan Pop Pilot?

Bomberg adalah sebuah brand yang sangat unik dan berbeda di industri jam tangan . One can tell dari kejauhan jika seseorang mengenakan jam Bomberg karena features dan bentuknya yang istimewa. Ketika Anda mengenakan Bomberg, you want to be associated with the cool factor. Brand ini tersedia di seluruh dunia dan memiliki strategi pemasaran yang kuat. Sedangkan Pop-Pilot adalah up and coming watch brand dari Jerman dan designed in style of a pilot’s watch, dikombinasikan dengan pilihan warna yang fresh. Setiap model memiliki kode IATA dan terinspirasi dari airport internasional dari seluruh dunia. Kita bisa membaca karakter dan kepribadian seseorang dari pilihan jam Pop-Pilot nya.

Kendala terbesar selama ini dalam menjalani bisnis ini?

Building is brand is not easy and it takes time. Kita harus merencanakan strategi pemasaran dengan matang dan tidak bisa mengharapkan penjualan yang instan. Perusahan ini masih termasuk start-up dan untuk kamu mencari tim yang tepat menjadi tantangan tersendiri.

Apakah Anda juga mengoleksi jam? Jika iya, jam apa saja yang Anda koleksi?

Ya, saya adalah pecinta jam. Hingga kini koleksi saya adalah: AP Barrichello 2 Rosegold, RM35-01 Nadal, IWC Portuguese Tribeca Film Festival 2016, IWC Big Pilot Muhammad Ali, Bomberg Bolt-68 Black Matte, Hublot King Power Manchester United, Bell & Ross BR-X1 Carbon dan Pop-Pilot BER.

Apakah ada rencana untuk membawa brand jam lainnya untuk tahun ini? Jika iya, bisa ceritakan sedikit?

Ya, kami baru saja menghadiri Baselworld dan ada beberapa brand yang menarik perhatian kami tapi masih pada tahap awal. Selanjutnya para principal brand itu akan ke Indonesia dan bertemu dengan kami.


You May Like This

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

15 + eighteen =