Karenina Andreson

SUPERMODEL ME

“Pekerjaan aku ini memang sangat glamor, memang sangat mudah untuk berubah dan menjadi orang yang sangat berbeda. Tapi, saya selalu ingat saya berasal dari mana, saya memang dari kampong di Samarinda,” ujar Nina dengan santai. “Diawal karier aku, masih ingat kok melihat desainer atau teman-teman model lain naik turun mobil, sedangkan aku pulang naik ojek atau naik metromini.” Ketika lebih dalam ditanya, alasan dibalik kedewasaan Nina, ia selalu menyebut peran Ibunya yang telah membekali dirinya dengan kuat. Latar belakang perceraian kedua orang tua Nina, membuatnya lebih sensitif melihat segala sesuatu, tidak sekedar dari luarnya saja. “Ibu saya selalu berpesan, menjadi seorang model itu adalah sebuah profesi, bukan saya sebagai pribadi.”

Hal terbaik menjadi seorang model, bagi seorang Nina adalah ia dapat travelling, pergi ke daerah cantik seperti Santorini adalah hal-hal yang tidak akan pernah ia lupakan. Ia benar-benar bisa melihat dan merasakan dunia melalui profesinya ini. Nina juga sangat senang mengekpresikan jiwa seninya, karena menjadi model ia pun bisa berakting. Dan menggenakan baju-baju para desainer, selalu jadi bonus yang menyenangkan. Bertahun-tahun menggeluti profesi ini, Nina juga bisa merasakan perbedaan di industri model dan fashion Indonesia. “Dulu, orang-orang yang bekerja di industri ini masih sedikit, orangnya itu-itu saja. Tidak banyak model-model yang datang dari luar negeri. Jadi dari show satu ke show berikutnya kita akan bekerja dengan orang yang sama. Oleh sebab itu saya merasa bekerja dengan keluargasendiri. Habis lelah bekerja, kita pergi makan bersama atau ke disko, jadi kita semua dekat,” ujar Nina sambil mengingat masa-masa lalu. Apakah pernah terjadi konflik diantara mereka pada saat itu, Nina menjawab dengan tenang, ia tipe yang selalu menghindar dari drama-drama yang tidak perlu, yah semata-mata karena hamper setiap hari harus bekerja bersama. Melihat industri model saat ini Nina menjawab, “ Industrinya sendiri sudah sangat berkembang pesat, banyak sekali desainer dan model baru, dan itu sangat bagus, media sosial juga sangat membantu karier seseorang karena, dengan lebih muda bisa mempromosikan diri sendiri, yah sekarang harus pintar-pintar ngepost,” jawab Nina sambil tersenyum.

MOTHERHOODROCKS!

Saat ini, Nina sudah tidak terlalu aktif lagi menjadi seorang model. Pekerjaan utamanya beralih menjadi seorang istri dan ibu bagi kedua putranya. Motherhood ternyata memberi dampak besar bagi Nina. Ia merasa setelah memiliki anak, ia jauh menjadi orang yang lebih sabar dan sangat fokus. Mengurus suami dan anak-anak buat Nina adalah sebuah kebahagian. Walaupun terkadang masih kangen untuk kerja kembali. “Kangen bekerja semata karena aku sudah kerja professional sejak umur 13 tahun, terkadang ingin sesekali balik ke depan kamera, makanya sempat menerima tawaran bermain film juga. Selain main film, aku punya hobi nyanyi dan menari, dan ini akan saya seriuskan menjadi profesi berikutnya.

Dari persiapan les vokal dan koregrafi aku jalanin,” ujar penyuka 90’s R&B ini. Nina, terlihat memiliki etika bekerja yang sangat tinggi. Ketika ia ingin menjalani sesuatu ia berusaha memberikan 100%. “Aku sangat kompetitf terhadap diri sendiri, I want to make myself proud, before any one else. Supaya tidak ada penyesalan, dan melihat ke belakang. Aku sudah sangat puas bekerja di industry model, dan aku tidak merasa ada yang hilang karena aku sadar, pilihan memulai jadi model di usia dini, karena profesi ini tidak akan sampai selamanya, jadi saya siap dan berhasil menemukan cinta baru.” Perjalanan karier Karenina di dunia model memang flawless, se-flawless wajahnya yang semakin cantik. Kini ia sedang menjalani kehidupan yang tidak kalah menarik. Ia menganggap ini sebuah petualangan yang sudah digariskan oleh Tuhan. Paham betul kehidupan itu tidak selalu di atas, kehidupan itu akan berputar. Melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati dan profesional adalah kunci mencapai legacy.


Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

four × 2 =