Kharisma Empat

PARA LULUSAN SMA ANGKATAN TAHUN 1980 – 1989 MENJADI MOTOR PENGGERAK KOMUNITAS UNIK INI. TIDAK HANYA DI KOTA JAKARTA, KOMUNITAS 80-AN JUGA TERDAPAT DI BANDUNG DAN BOGOR. AWALNYA, KOMUNITAS INI DIBENTUK UNTUK MENYAMBUNG TALI PERSAUDARAAN DAN MENGUPAYAKAN POTENSI MASING-MASING ANGGOTA YANG KINI BEKERJA DI BERBAGAI BIDANG USAHA. SAID PUTRA DAN SONNI K. SOEGIARTO SALAH SATU DARI ANGGOTA KOMUNITAS INI BERBAGI CERITA.

Bagaimana komunitas ini bisa dibentuk?

Komunitas 80-an yang dikenal dengan nama Kharisma Empat ini bisa dibilang berdiri tanpa sengaja sejalan dengan kegiatan basket antar angkatan 80-an yang dimulai awal bulan November 2009. Sambil bermain, kami bernostalgia masa kejayaan permainan basket di tahun 80-an di mana siaran televisi hanya ada satu, yakni TVRI, dan kegiatan yang digandrungi remaja saat itu adalah olahraga dan mobil. Kenangan indah semasa SMA dan kecintaan kami pada olah raga basket menjadi alasan angkatan 80-an ini berkumpul.

Awalnya kami berinisiatif memulai kegiatan pertandingan basket internal antar-alumni SMAN IV, yaitu angkatan ‘83 dan ‘84 melawan gabungan alumni angkatan ‘85 dan ‘86, bertempat di Gedung Olah Raga Pertamina Simpruk. Kegiatan ini terdengar oleh teman-teman dari alumni SMA lainnya sesama pemain basket dan meminta kami membuat kegiatan turnamen antar-alumni SMA.

Kegiatan yang telah dilakukan dan akan dilakukan?

Berbagai kegiatan yang kami pernah adakan adalah pertandingan basket antar alumni SMA angkatan 80-an selama 4 tahun berturut- turut di mana animonya besar sekali dan menjadi ajang reuni terbesar. Kami juga pernah mengadakan FestiFun Band pada tahun 2011 di mana kami mengajak para musisi SMA yang tergabung dengan grup band atau paduan suara sekolah. Di acara tersebut, ada 11 grup band alumnus SMA yang bertanding dan para juri adalah musisi terkenal 80- an dan wartawan senior musik.

Ajang ini boleh dikatakan ada unsur fun tapi kami tetap serius menyelenggarakannya. Penonton yang datang mencapai 1000 orang, sudah seperti konser besar, hehehe. Kami pun tidak lupa membantu saudara-saudara yang terkena musibah gempa, banjir, dan lainnya, dengan menggelar kegiatan penggalangan dana. Kegiatan rutin adalah minimal dua bulan sekali kami berkumpul di lapangan basket atau sepakbola sambil berolah raga dan tukar cerita.

Kegiatan yang sedang siapkan adalah pertandingan basket dan sepakbola angkatan ‘80 dan ‘90. Usia kami rata-rata memang sudah di atas 40-an, namun sebisa mungkin kami menjalani gaya hidup sehat. Ada rencana juga untuk mengadakan seminar yang temanya disesuaikan dengan kondisi komunitas ini, seperti kesehatan yang harus dipersiapkan di usia prima, narasumbernya rata-rata adalah teman-teman alumni yang kini jadi dokter spesialis cukup dikenal. Harapannya, kegiatan yang kami lakukan memiliki dampak positif bagi masyarakat lebih luas.

Siapa saja yang menjadi anggotanya serta bagaimana cara penyeleksiannya?

Anggotanya sudah pasti alumni SMA IV yang rata-rata main basket, namun kini sudah ada juga dari SMA lainnya yang bergabung. TIdak ada sistem penyeleksian. Bagi yang mau, silakan bergabung. Tidak ada juga iuran keanggotaan. Semuanya dibuat mudah dan menyenangkan. Namun jika akan menggelar sebuah acara atau kegiatan, secara kolektif kami lakukkan pengumpulan dana dan pencarian sponsorship.

Apa moto dari komunitas ini?

Senang bersama, susah juga bersama. Semua memori selama SMA menjadi perekat kebersamaan kami, so we look back to move on forward.

Apa suka duka pendirian komunitas ini?

Lebih banyak suka daripada duka, karena pertemanan kami ini rata-rata sudah lebih dari 30 tahun. Jadi bila ada masalah, kami selalu berupaya mencari solusinya secepat mungkin. Biasanya penyelesaiannya selalu berakhir di lapangan basket. Hehehe. Badan sehat, pikiran tenang.


You May Like This

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*