Margaret Vivi: Act More, Talk Less

Didikan orangtuanya yang disiplin membentuk pribadinya menjadi pekerja keras dan sukses. Kesuksesannya saat ini tak serta merta membuat ia lupa untuk melihat “ke bawah”. Margaret Vivi adalah satu dari wanita inspiratif di Indonesia.

Ceritakan mengenai kesibukan Anda saat ini?

Saat ini saya bekerja di Kadin Pariwisata sebagai Wakil Ketua Umum bagian Hotel dan sebagai Bendahara di PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia).

Apa bisnis yang sedang Anda jalani saat ini?

Perhotelan. Saya memiliki bisnis hotel yang bernaung di bawah manajemen Accor Group. Sampai saat ini sudah memiliki 15 hotel di Jakarta, Solo, Yogyakarta, Semarang dan Bali. Beberapa di antaranya adalah hotel Grand Mercure, Novotel, Ibis, Ibis Style dan Ibis Budget. Selain itu juga saya bertindak sebagai Director Operational Sunmotor Group, salah satu perusahaan dealer otomotif terbesar di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1974 di Solo.

Mengapa tertarik bisnis perhotelan?

Karena ini adalah investasi jangka panjang. Accor Group adalah grup hotel besar yang namanya cukup diperhitungkan. Jadi management dan marketing-nya pun sudah terpercaya dan profesional.

Bagaimana cara Anda menghadapi persaingan dalam bisnis perhotelan?

Tawarkan pengalaman unik kepada calon tamu, jangan pernah perang harga, aktif di media sosial, lakukan kerjasama dengan aggregator perjalanan wisata, temukan ceruk pasar yang cocok dengan hotel dan dominasi ceruk tersebut, gunakan kekuatan email marketing, fokus pada repeat guest, berikan pelayanan kepada tamu layaknya keluarga, retarget calon tamu potensial serta yang terpenting mintalah saran dan masukan dari tamu.

Jangan pernah perang harga, aktif di media sosial, lakukan kerjasama dengan aggregator perjalanan wisata, temukan ceruk pasar yang cocok dengan hotel dan dominasi ceruk tersebut, gunakan kekuatan email marketing, fokus pada repeat guest, berikan pelayanan kepada tamu layaknya keluarga, retarget calon tamu potensial serta yang terpenting mintalah saran dan masukan dari tamu.

Apa tantangan terberat pada bisnis ini?

Tantangan terberat apabila ada isu-isu negatif, bencana alam, kebijakan pemerintah yang salah, sehingga mengakibatkan occupancy menurun.

Selain disibukan dengan bisnis, Anda juga turut aktif dalam kegiatan sosial?

Iya benar sekali. Saya cukup banyak mengikuti kegiatan sosial di beberapa organisasi. Tiap bulannya, saya berkunjung ke beberapa keluarga yang tidak mampu, panti jompo, panti asuhan atau kegiatan bakti sosial lainnya. Saya turun tangan langsung membantu mereka.

Bagaimana cara Anda membagi waktu dengan keluarga?

Weekend adalah hari keluarga. Kami biasa menghabiskan waktu untuk nonton, makan atau sekedar jalan-jalan ke mal.

Apa arti dinamis bagi Anda?

Sesuatu yang terus berubah dan berkembang secara aktif atau seseorang yang hidupnya sangat antusias dengan banyak energi dan tekad.


You May Like This

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

3 − two =