Peter Shearer : Teknologi yang Melekat Pada Anda

BACCARAT INDONESIA 06.pdf - Adobe ReaderAlkisah, pada akhir tahun 1970-an, Akio Morita, pendiri perusahaan Sony, sedang melakukan perjalanan bisnis jarak jauh dan ingin mendengarkan musik opera. Namun apa daya, keinginan untuk mendengarkan musik opera di dalam pesawat pada saat itu belum bisa terkabulkan. Keadaan inilah yang membuatnya berpikir untuk mengeluarkan inovasi produk yang serupa dengan tape mobil berkualitas tinggi, mudah untuk dibawa ke mana pun dan memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan musik sambil melakukan hal yang lain.

Lalu, lahirlah walkman seperti yang kita kenal sekarang. Sony Walkman tercatat sebagai salah satu wearable technology yang berhasil merajai dunia dan membentuk masa depan.

Lalu pada tahun 1980-an, siapa yang tidak mengenal jam tangan kalkulator sebagai salah satu bentuk awal wearable technology yang hadir di pasaran. Kemudian memasuki era tahun 2000-an, semakin banyak muncul wearable technology seperti bluetooth headset. Teknologi ini mampu mencuri perhatian masyarakat karena bentuknya yang unik dan  sangat berguna.

Nike dan Apple juga bekerjasama melahirkan nike+ipod, wearable technology yang memungkinkan pengguna untuk mengombinasikan data gerakan ke dalam iPod mereka. Bahkan, Nike juga merilis produk pakaian yang dilengkapi dengan kantong khusus untuk iPod.

Apakah wearable technology itu? Wearable technology atau yang biasa juga disebut wearable devices merupakan teknologi komputasi yang menggunakan objek yang biasa kita kenakan, seperti pakaian, jam tangan, gelang, ataupun aksesori lainnya. Dilengkapi fitur teknologi canggih, perangkat ini dapat memberikan pengalaman atau manfaat yang lebih bagi penggunanya selain fungsi yang biasanya.
Tidak banyak yang menyangkal kalau wearable technology merupakan topik yang paling hangat dibicarakan di tahun 2014. Banyaknya konferensi, seminar, serta berita yang membahas wearable technology, serta kehadiran Google Glass, Samsung Galaxy Gear, atau Apple Watch membuat masyarakat semakin terbiasa dan penasaran dengan perkembangan terbaru dari wearable technology. Bahkan menurut para analis, bisnis yang berbasis wearable technology akan meningkat pesat dalam lima tahun ke depan.

Untuk melihat gambaran dampak dari wearable technology di masa depan, mari kita lihat “pasangan”nya, yaitu smartphone atau telepon pintar. Smartphone memberikan kemudahan dalam berkomunikasi seperti mengirim pesan, melakukan conference call, serta mengirim dokumen lebih cepat yang memberikan dampak yang luar biasa pada dunia bisnis. Dan wearable technology, yang dahulunya hanya sebagai pendamping smartphone, perlahanlahan kini mulai menunjukkan eksistensinya sendiri.

Bukan suatu hal yang mustahil, wearable technology mampu membuat orang melupakan smartphone atau tablet. Munculnya tren baru di dunia fashion, seperti pakaian dan aksesori yang dikombinasikan dengan teknologi akan membuat industri wearable technology semakin menarik.

Penggunaan wearabletechnology juga dapatmemperkaya informasi para marketer di bidang digital, karena adanya data yang bisa diambil dari kebiasaan dan lokasi si penggunanya. Kondisi ini turut membuka peluang baru di bidang marketing terutama yang berhubungan dengan data  consumer.

Peter Shearer

Peter Shearer

Managing Director AR & Co ini mengawali kariernya 10 tahun silam dengan menggeluti bisnis promosi dan marketing di situs online. Karier Pria berjiwa pemimpin dan humoris ini berlanjut dengan WR Group pada pertengahan tahun 2009, dan saat ini bersama AR &Co, Peter mengeksplorasi keahliannya dalam merancang solusi digital.

Baca artikel sejenis di majalah Baccarat Indonesia


Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

nine + 8 =