Shawn Muljadi – Ensure The Consistency

Shawn Muljadi memiliki ketertarikan mendalam pada ranah bisnis culinary. Bahkan ia menyebut, antusiasme pada bisnis ini telah ada jauh sebelum dirinya berprofesi sebagai disk jockey (DJ).

“Ini bukan karena semacam hype atau apa, namun karena dari dulu memang menyenangi kuliner dan dalam bekerja sebagai DJ saya sering mengamati bagaimana dinamika industri F&B ketika diundang tampil di sejumlah tempat,” terang Shawn seusai melakukan photoshoot di NPM Studio yang terletak di kawasan Cipete. Potensi industri F&B belum sepenuhnya dapat dieksplorasi para pelaku industri itu sendiri. Banyak pelaku industri yang hanya melihat profit tanpa memikirkan strategi packaging jangka panjang.

Padahal Shawn melihat strategi packaging jangka panjang merupakan kunci untuk bertahan lama di industri ini. Kedekatan profesinya dengan dunia F&B membuat Shawn mudah mendalami konsep food stop, mulai dari kekurangan tempat-tempat F&B hingga konsep-konsep yang ideal menurutnya.

“Banyak yang terbuai suasana, tempat-tempat F&B saat awal muncul selalu ramai didatangi orang karena curiosity dan interest. Tapi setelah orang tahu, tak ada lagi yang bisa ditawarkan,” sebutnya.

Lebih lanjut, meski ia sering berada di bar untuk menjalankan profesinya, konsep F&B yang ideal menurutnya justru adalah tempat yang fokus untuk sajian kuliner tanpa diselingi hiburan seperti yang bisa ditemui di bar.

“Kalau dilihat dari neracanya memang tempat yang menjual alkohol lebih menarik angka pendapatannya. Namun ketika direalisasikan, orang-orang yang datang ke sana masih kalah konsisten dengan orang-orang yang memang mencari tempat semacam dining place, apalagi tempat berkonsep casual dining yang bisa didatangi siapa saja. Karena makan adalah kebutuhan utama setiap orang,” tutup Shawn.


You May Like This

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

two × 2 =