Thread of Life

Bertajuk “Lukamba Nduma Luri”, Yayasan Dian Sastrowardoyo menggelar pameran foto, video, dan instalasi kain tenun tradisional Sumba Timur.

Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Yayasan Dian Sastrowardoyo bekerjasama dengan Plaza Indonesia dan Samsung  Galaxy S8 I S8+ untuk menyelenggarakan pameran foto, video, dan instalasi kain tenun tradisional Sumba Timur dengan tajuk “Lukamba Nduma Luri – benang yang memberi ruh, kain yang memberi hidup” yang berlangsung pada tanggal 6 – 31 Agustus 2017 di Plaza Indonesia. Kegiatan ini sendiri masih menjadi bagian dari rangkaian program Plaza Indonesia di bulan Agustus 2017 yang bertema I Love Indonesia yang menampilkan ragam kekayaan budaya Indonesia lewat kuliner dan pameran seni dari seniman ternama tanah air.

Pada pameran ini, Yayasan Dian Sastrowardoyo juga melakukan penggalangan dana melalui penjualan kain tenun koleksi Kelompok Penenun Lukamba Nduma Luri di Sumba Timur, di mana keuntungan penjualan akan digunakan untuk pengadaan akses air bersih di Wairinding yang bekerja sama dengan Waterhouse Project dan renovasi rumah adat Prainatang , Sumba Timur.

Dian Sastrowardoyo, sang penggagas Yayasan Dian Sastrowardoyo yang dalam konferensi pers terlihat cantik mengenakan rok kain tenun Sumba mengatakan: “Saya mempunyai minat dan kecintaan yang besar terhadap kain tradisional Indonesia, bahkan mungkin bisa disebut bahwa itu adalah salah satu soft spot saya. Buat saya, setelah mengenal Sumba, saya jadi makin kagum atas kekayaan budaya di sana. Dari alamnya yang indah, penduduk yang ramah dan tradisi yang kental dalam kehidupan sehari-hari, sampai dengan keindahan kain tenunnya. Sehelai kain tenun adalah hasil dari ketekunan dan keterampilan pembuatnya yang dibuat selama berbulan-bulan bahkan ada yang sampai bertahun-tahun.” Melalui kegiatan ini Yayasan Dian Sastrowardoyo ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan daerah Sumba Timur sebagai salah satu destinasi wisata yang kaya budaya, keindahan alam dan kain tenun serta mendukung komunitas penenun lokal di Sumba Timur. “Kami ingin mengenalkan kembali kecantikan dari kain tenun Sumba Timur kepada masyarakat urban sebagai salah satu wastra terbaik dari Indonesia,” ujar Dian Sastrowardoyo melanjutkan.

Pameran ini juga bekerjasama dengan Samsung Electronics Indonesia yang melakukan kampanye Unbox Indonesia di Sumba. Inovasi Samsung yang tertanam dalam produk Samsung Galaxy S8, Gear 360, dan Gear VR telah menjadi bagian dalam melestarikan budaya yang diselenggarakan oleh Yayasan Dian Sastrowardoyo, sehingga keindahan alam dan budaya Sumba semakin dikenal luas. “Lukamba Nduma Luri – benang yang memberi ruh, kain yang memberi hidup” menghadirkan pameran foto karya Hakim Satriyo, sedangkan untuk video akan menampilkan video singkat Sumba Timur karya Davy Linggar Photography dan video fashion karya Pritagita Arianegara dengan melibatkan Chitra Subiyakto selaku fashion stylist.


You May Like This

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

eighteen − 7 =