Vickie Charamita – The ‘Meat’ Lady

Mengembangkan penawaran produk makanan dan daging berkualitas premium ke pasar Indonesia dibawah brand Eastern Merchant, talenta bisnis dan ide berpeluang besar dari Vickie Charamita, wanita muda kelahiran 8 Desember 1990 ini menjadi cikal-bakal kesuksesan perusahaan baru Eastern Foods Holdings yang terus berkembang selama satu tahun terakhir.

 

Teks Femi Veronika

Foto Dok. Pribadi

 

Seperti apa rutinitas harian Anda sebagai CEO dari Eastern Foods Holdings?

Seperti orang-orang lainnya, setiap pagi saya melakukan rutinitas olahraga. karena di tengah kegiatan saya yang cukup padat tentu dibutuhkan tubuh yang sehat sehingga saya mampu mengatasi segala target dan keinginan dalam hidup. Selanjutnya, saya akan meninjau hasil kerja penjualan produk dengan memantau perkembangan penjualan dari tim penjualan. Kemudian saya akan melihat perkembangan pasar dan permintaan akan kebutuhan daging maupun produk makanan berkualitas premium lainnya. Hal ini saya lakukan guna melihat lebih detail kekurangan apa yang perlu saya tambah untuk mencapai peningkatan penjualan dan mendapat perkembangan terkini atas kebutuhan pasar, khususnya dengan terus meningkatnya kebutuhan masyarakat Indonesia yang menikmati daging berkualitas premium. Selain kegiatan-kegiatan di atas, tidak jarang saya turun langsung untuk menemui setiap pelanggan, untuk mendapatkan masukan langsung dari setiap pembeli atau pelanggan saya mengenai kualitas produk sampai dengan cara pengiriman atas produk yang kami jual.

 

Bagaimana awal mula menekuni karier Anda?

Diawali dengan memasuki industri minuman beralkohol yang memiliki merek dan kualitas tinggi, dimana saya terjun langsung pada setiap penikmat minuman tersebut. Dari pertemuan tersebut, ada momen dimana salah satu calon pembeli menanyakan kepada saya mengenai produk makanan apa yang dapat dinikmati bersamaan dengan produk minuman beralkohol yang saya tawarkan, saya menjawab hanya steak daging sapi saja tanpa tahu jenis dan kualitas daging sapi mana yang enak untuk dinikmati. Setelah pertanyaan tersebut, timbul pemikiran untuk mempelajari produk-produk makanan berkualitas yang tepat dinikmati bersamaan dengan minuman beralkohol. Hal tersebut ternyata membuka peluang besar, yang akhirnya membawa saya membuka usaha ini, yakni melakukan penjualan daging berkualitas premium. Walau di awal tentu ada tantangan dan hambatan yang saya dapatkan, namun tidak menyurutkan langkah saya untuk meningkatkan usaha baru ini.

 

Apa hal yang menginspirasi Anda saat beraktivitas?

Memiliki impian dan target. Terdengar sedikit naïf namun hal ini yang selalu membuat saya kembali tersadar untuk bekerja keras serta cermat demi mendapatkan peluang yang ada, bahkan kala saya merasa bosan atau turun semangat. Pengalaman pahit terkait kepercayaan juga menjadi inspirasi saya untuk menjaga kepercayaan yang berkaitan dengan kualitas. Maka itu, saya selalu menekankan kepada tim untuk bekerja dengan cerdas, cermat, menjaga disiplin tinggi serta selalu memiliki keinginan untuk belajar agar kepercayaan pelanggan atas produk dan pelayanan yang kita tawarkan tetap terjaga. Impian saya ini akhirnya bertujuan agar saya dapat hadir dan memberikan dampak baik bagi semua orang.

 

Mengenai Wagyu Merchant/Eastern Foods Holdings, apa saja kualitas yang ditawarkan untuk para customer?

Kami menawarkan kualitas produk premium, dimana setiap pelanggan yang melakukan pembelian atas produk kami, akan menerima produk berkualitas tinggi, sesuai dengan harga yang ditawarkan. Akan tetapi selain kualitas, kami menawarkan jasa yang tidak dapat ditemukan di perusahaan lainnya, yakni jasa “private in home dining”, yang menjadi terobosan terbaru kami untuk pengedukasian langsung tentang cara memasak produk daging premium dengan benar dan tepat, sehingga cita rasa premium yang kami tawarkan dapat benar-benar dirasakan.

 

Seperti apakah sambutan para customer dan strategi bisnis yang Anda gunakan untuk mengimbangi trend dan demand saat ini?

Saat ini, perusahaan kami berhasil memiliki tingkat penjualan sebesar 60% per bulan dari peminat daging berkualitas premium, sehingga sejauh ini masih terbuka pasar yang lebih besar lagi untuk memenuhi kebutuhan ini.  Hampir setiap customer kami cukup puas atas produk yang kami jual, namun tetap ada catatan mengenai kepastian ketersediaan produk, mengingat tingginya permintaan yang ada. Sementara strategi bisnis kami untuk meningkatan penjualan adalah pemberian produk jasa berupa private dinings at home, dimana kami melakukan cara penyajian produk kami dengan cara yang lebih tepat, untuk memaksimalkan pengalaman menikmati produk daging berkualitas premium.

 

Apa suka dan duka dari karier Anda?

Industri yang saya jalani ini sangat membutuhkan kerja keras, konsistensi terhadap pencapaian target serta konsistensi usaha untuk mencapai target tersebut. Hal yang disukai dalam karier ini adalah pengalaman akan warna kehidupan, berupa karakter, sifat dan perilaku orang-orang yang saya temui. Semuanya memberi kesan-kesan tersendiri dalam karier dan kehidupan saya. Untuk duka, kepercayaan terhadap partner bisnis bisa menuai rasa kecewa dan hampir membuat saya tidak mempercayai banyak orang, namun perlahan saya bangkit dengan menanamkan dalam hati dan pikiran bahwa saya harus siap dengan setiap kemungkinan hadirnya kekecewaan.

 

Apa yang Anda lakukan di waktu senggang?

Saya suka pergi ke spa atau traveling untuk me-recharge mental, fisik dan spiritual saya. Waktu ini sangat berharga. karena tanpa recharge, waktu untuk bekerja akan optimal karena akan terasa memaksakan. Jauh dari seluruh rutinitas pekerjaan, sering kali saya memiliki waktu untuk merenungkan hari yang sudah saya lalui. Tidak lupa saya mengucap syukur kepada Tuhan karena telah memberikan saya hidup yang berwarna dan perlindungan bagi saya. Semua ini saya lakukan agar kehidupan saya lebih sehat dan seimbang antara jiwa dan pikiran, serta mengurangi tekanan-tekanan yang timbul dari setiap pekerjaan yang saya lakukan.

 

Apa rencana bisnis Anda ke depan?

My next plan is to make my beef available not only in Indonesia, tetapi dapat juga disantap di seluruh Asia. Saya harap milestone ini bisa diraih dalam 5 tahun ke depan.

 

 


You May Like This

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

nine + four =